..dateHeader/>

Resep dan Cara Membuat Ayam Goreng Kalasan Asli Spesial

Kalian pernah mencicipi ayam goreng kalasan? Bagi yang tinggal atau berasal dari daerah asalnya tentu sudah pada tau ya. Sesuai namanya, makanan khas yang satu ini berasal dari daerah Kalasan, Yogyakarta. Ayam goreng kalasan terkenal dengan bumbunya yang meresap sampai kedalam daging, dengan cita rasa yang kuat serta tekstur daging yang empuk. Bagi kalian yang penasaran akan rasanya, yuk kita coba membuatnya!

Resep Ayam Goreng Kalasan Spesial
gambar : www.seleranusantara.co.id
Sebenarnya, cara membuat ayam goreng kalasan relatif mudah dan gampang dipelajari. Namun, apa sih yang membuat ayam goreng kalasan begitu lezat hingga bumbu meresap kedalam daging ayam yang empuk? Ini dia jawabannya. Resep ayam goreng kalasan menggunakan daging ayam yang berkualitas, untuk hasil terbaik sebaiknya kita menggunakan daging ayam kampung.

Sebelum digoreng, ayam dimasak terlebih dahulu bersama dengan bumbu-bumbu dan santan atau air kelapa. Jadi sebenarnya sampai disini ayam sudah matang, namun untuk lebih memantapkan rasanya maka ayam digoreng sehingga lebih gurih dan rasanya lebih nendang.

Resep Ayam Goreng Kalasan Asli Spesial

Bumbu-bumbu yang digunakan untuk memasak ayam kalasan sebenarnya merupakan bumbu dasar, hanya saja cara masaknya yang berbeda. Beberapa resep ada yang menyertakan soda kue saat merebusnya, ada juga yang menggunakan air kelapa dan santan. Dengan demikian pasti sudah dapat ditebak jika cita rasa dari ayam goreng ini dominan dengan rasa gurih. Ditambah lagi dengan sambal khas yang menggugah selera, mantap bingits.

Bahan-bahan Resep Ayam Goreng Kalasan Asli

  1. 1 ekor daging ayam kampung, potong 4
  2. 2 sdm perasan jeruk nipis
  3. 1 sdt garam
  4. 2 btg serai, memarkan
  5. 2 lbr daun salam
  6. 4 lbr daun jeruk
  7. santan dari 1 butir kelapa, gunakan air kelapa untuk membuat santan
  8. minyak goreng yang banyak

Bumbu Halus

  1. 6 siung bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 5 btr kemiri
  4. 2 cm lengkuas
  5. 2 cm jahe
  6. 2 cm kunyit
  7. 2 sdt ketumbar
  8. 2 sdt gula jawa

Bahan Sambal

  1. 10 bh cabe merah, buang biji
  2. 5 siung bawang merah
  3. 2 siung bawang putih
  4. 1 bh tomat, potong dadu
  5. 1 sdt gula jawa
  6. 1 sdt terasi
  7. 1/2 sdt garam

Sayuran Pelengkap

  1. Irisan mentimun
  2. Irisan tomat
  3. Kol
  4. Selada

Cara Membuat Ayam Goreng Kalasan

  1. Bersihkan daging ayam dan cuci bersih. Lumuri dengan air perasan jeruk nipis dan garam. Lumuri juga dengan bumbu yang dihaluskan sambil agak diremas-remas. Diamkan beberapa saat.
  2. Rebus daging ayam dalam santan, tambahkan daun salam, daun jeruk dan serai. Tutup panci dan rebus ayam hingga matang dan santan menyusut.
  3. Angkat ayam dan tiriskan.
  4. Panaskan minyak, goreng ayam hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat.
  5. Membuat sambal, goreng semua bahan sambal mentah. Haluskan semua bahan dan goreng lagi bersama dengan sedikit kaldu sisa rebusan ayam.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar